Thursday, November 27, 2014

IC i/o Salah satu penyebab Laptop Tidak Bisa ON

Jika semua mosfet atau ic power di jalur utama dalam kondisi normal dan tidak ada kapasitor yang short, maka ada satu ic chipset yang kita perlu curigai juga.

chipset io
Ini adalah ic chipset i/o atau southbridge kalo tidak salah. IC jenis ini, seperti gambar diatas terdapat pada motherboard sebuah netbook Aspire one. Fungsi kerja IC ini adalah sebagai kontrol langsung tombol power ON/OFF, sebagai reader input device seperti hardisk, usb port, keyboard dll.
Bisa dibayangkan jika terdapat masalah pada ic ini maka tombol power juga tidak bisa berfungsi dengan baik dan laptoppun tidak bisa dinyalakan.

6 comments:

  1. Salam kenal gan...
    Gan laptop Acer dinyalain, lampu biru idup sedetik lsg mati lg (layar tdk tampil & fan tdk nyala). Problemnya dmn ya gan?
    Matursuwun before...

    ReplyDelete
  2. kemungkinan ada komponen yg short, telusuri di bagian level tegangan kecil

    ReplyDelete
  3. laptop LG type lama gak pernah dipake, dan gak bisa dicharging itu kenapa ya gan?
    solder uap

    ReplyDelete
  4. Brow gue punya laptop Asus x441ba laptop bisa hidup,tapi kalo sudah di matikan susah nyala lagi.gue sudah periksa semua mosfet tdk ada yg bermasalah.chip yg mna kemungkinan yg bermasalah? IC cas atau I/O brow?

    ReplyDelete
  5. Bang, laptop saya yg menyala saat di cas hanya lampu pd tombol : power, F2 & Caps lock. Layarnya tdk ada tampilan samasekali & sdh saya periksa memakai senter. Biasanya saat di cas sblm laptop di gunakan, mk semua lampu indikator di atas td tdk menyala & baru saat tombol power di tekan mk lampu di F2 & Caps lock ikut menyala & di susul dgn kemunculan tampilan layar. Apa penyebab kerusakan tsb ?. Apakah msh dpt di perbaiki ?.

    ReplyDelete