Friday, October 17, 2014

Langkah Awal Service Laptop Mati Total

Beberapa step tentu telah disiapkan sebelum kita memulai perbaikan sebauh laptop mati total, bisa bermacam-macam model sesuai dengan kebiasaan teknisi yang bersangkutan, disini saya share saran buat teknisi newbie bagaimana untuk memulai analisa sebuah laptop mati total untuk menemukan sumber masalah untuk diselesaikan.
Langkah awal yang harus kita lakukan adalah visual check, atau melakukan check secara visual terhadap semua komponen yang ada pada motherboard, terutama komponen-komponen power seperti IC power, power supply, capasitor, dioda dan fuse sesuai dengna type motherboard yang sedang dikerjakan.
Pengecekan secara visual ini memberikan keuntungan waktu pada kita jika terdapat komponen yang rusak secara fisik seperti terbakar, pecah atau me meledak, sehingga hanya dengan melihat saja kita sudah bisa langsung tahu bahwa komponen tersebut harus diganti. Satu hal yang tidak boleh dilupakan adalah jika kita memperbaiki motherboard laptop yang komponennya terbakar atau pecah, kita harus pastikan tidak ada komponen lain yang rusak.
Visual check bisa dilakukan menggunakan kaca pembesar jika terlalu kecil untuk di lihat menggunakan mata telanjang, semoga bermanfaat.

1 comments: