Sunday, December 21, 2014

Laptop Mati Total Karena IC Step Down

Jika IC step down rusak pada sebuah laptop maka tidak mungkin laptop tersebut bisa dinyalakan alias mati total. Pada kasus ini kita beri contoh pada laptop Aspire 4736Z yang menggunakan ic step down jenis TPS51427 yang berfungsi sebagai producer tegangan 3 dan 5 Volt ALW ( always ON ).

laptop mati total ic
Pada motherboard Aspire 4736Z kode untuk ic ini adalah PU4. Indikasi kerusakan pada ic ini adalah bisa diketahui dengan melakukan cek terhadap input dan output tegangan pada IC tersebut. Jika tegangan input normal dan output tidak ada sedangkan tidak ada komponen ( biasanya capasitor ) yang short di jalur output maka kita wajib curiga terhadap ic step down ini.
Di katakan step down karena IC ini berfungsi menurunkan tegangan dari Vsource ke 3 V dan 5 V tentu saja dibantu dengan IC power ( mosfet ), kita bisa membaca dengan jelas pada skema diagramnya.
skema 4736z
pada sebuah laptop terdapat banyak ic step down, saat melakukan test pada laptop mati total, kita bisa telusuri semua level tegangan mulai dari power source biasanya 19V kemudian 5, 3 dan seterusnya sehingga jika tidak ditemukan tegangan tertentu kita bisa cek ic step down yang bersangkutan.

1 comments: