Sunday, February 8, 2015

Netbook Samsung Tidak Bisa Charging

Masalah yang akan kita perbaiki kali ini adalah netbook Samsung yang proses charging-nya tidak normal atau bahkan tidak bisa charging ditandai dengan tidak menyalanya indikator charging pada netbook dan icon beterai pada layar juga tidak ada tanda masuknya perangkat charger.
Salah satu penyebab gagalnya proses charging ini adalah karena rusaknya port jek charger yang ada pada netbook. Pada jek charger terdapat dua jalur utama yaitu + dan -, keduanya tentu saja harus terhubung dengan baik agar terjadi proses charging yang normal, biasanya jalur + yang sering mengalami kerusakan. Lihat foto berikut yang menunjukkan jek charger sebuah netbook samsung yang normal, tidak ada kerusakan, dimana bagian + terbungkus lingkaran hitam dibagian tengah.

jek charger normal
Dan bandingkan dengan jek charger yang rusak seperti foto dibawah ini.
jek charger rusak
Pelindung jek + telah rusak atau patah, sehingga saat jek charger di colokkan maka konektor + terpasang namundaya rekatnya kurang kuat sehingga menyebabkan penghantaran arus kurang baik.
Solusi terhadap masalah ini adalah dengan mengganti jek tersebut atau mengkondisikan agar konektor charger bisa terhubung dengan baik sehingga proses charging pada netbook samsung ini bisa berjalan lancar.

1 comments:

  1. notebok ane gak bisa charging diservis malah mati total gak bisa diapa2in lagi :(
    solder uap

    ReplyDelete