Thursday, November 10, 2016

Laptop HP Lampu Charger Mati

Bagaimana cara memperbaiki laptop HP 510 yang lampu chargernya mati saat charger dimasukkan ke laptop ? Ini kita share pengalaman terkait masalah tersebut. Sebetulnya kasus ini ara penanganannya hampir sama saja pada berbagai merk laptop namun dalam kesempatan ini kita akan membahasnya pada laptop HP 510 karena kita punya pengalaman nyata terkait hal ini.
Kasus ini secara teori bisa kita ambil kesimpulan dini bahwa terdapat jalur yang konslet ke ground sehingga saat charger dimasukkan ke laptop maka indikatornya langsung mati menandakan bahwa tegangan yang keluar dari charger langsung hilang karena adanya over current atau arus lebih, dan proses matinya indikator charger ini adalah sebuah proses proteksi charger terhadap dirinya sendiri untuk menghindari adanya kerusakan yang berlebih pada komponen-komponen penting di dalam unit charger.

Laptop HP Lampu Charger Mati
Karena kerusakan ada pada bagian motherboard maka langkah pertama yang kita lakukan adalah membongkar laptop agar bisa mengakses motherboard.
Mulai proses analisa dengan melakukan pengecekan pada titik jalur tegangan utama 19V, mulai pada titik D501 sebagaimana pada gambar diatas. Pada kasus yang kami tangani ini ternyata pada titik tersebut short circuit atau konslet ke ground, ciri-cirinya adalah saat kita cek menggunakan AVOmeter maka jarum mentok ke kanan walaupun di bolak balik probe-nya ( hitam dan merah ). Untuk menemukan komponen yang menyebabkan konslet tersebut kita harus memisahkan jalur yang konslet ini dari jalur yang lain, diagram skema sangat membantu pada proses analisa seperti ini.
Jalur tersebut terhubung salahsatunya ke jumper PAD3008 dan ternyata setelah jumper ini kita pisahkan menyebabkan jalur utama 19Volet yang konslet tadi tidak lagi konslet, nah ini menunjukkan bahwa masalah ada pada komponen-komponen yang ada pada jalur PAD3008. Dan finalnya kita menemukan bahwa terdapat satu buah kapasitor tantalum keil yang rusak, Lihat gambar dibawah ( PAD3008 telah dipisahkan dan kapasitor yang rusak telah dilepas ).
Laptop HP Lampu Charger Mati
Nah, dengan mengganti komponen kapasitor tantalum tersebut maka laptop kembali bekerja dengan normal. Jadi laptop HP510 yang indikator chargernya mati saat charger dimasukkan ke laptop pada kasus ini disebabkan karena adanya sebuah kapasitor tantalum yang rusak ( konslet ).

1 comments: