Sunday, November 30, 2014

Memperbaiki Eee PC Tidak Bisa Booting

Mengapa netbook asus Eee PC tidak bisa booting, setelah dinyalakan hanya muncul logo Asus kemudian berhenti, tidak ada respone apapun alias macet ? Simak bahasannya berdasarkan pengalaman nyata dibawah ini.
Netbook yang kita garap kali ini adalah Asus Eee PC Flare series, dengan kerusakan macet tidak bisa booting atau masuk windows, berhenti pada logo Asus, dan sulit masuk BIOS, detail kondisinya adalah sebagai berikut :
1. Proses charging normal

Memperbaiki Eee PC Tidak Bisa Booting
2. Saat tombol power ditekan netbook menyala dan proses sebentar untuk mendeteksi device storage, namun kemudian macet pada logo Asus, dan saat logo Asus di disable maka macet sesaat setelah deteksi storage berhenti.
Memperbaiki Eee PC Tidak Bisa Booting
3. Dibiarkan lama juga tetap saja macet. Saat dicoba pencet-pencet tombol keyboard secara acak juga tidak ada efeknya.
4. Tidak ada suara aneh dari hardisk.
Nah, untuk mengetahui langkah-langkah yang sudah dilakukan untuk memperbaiki netbook macet ini sampek akhirnya netbook berhasil normal kembali silahkan di perhatikan step by step dibawah ini. Sebelumnya perlu diketahui, karena tidak ada indikasi hang dan tidak ada indikasi chipset overheat juga tidak dumping walaupun dibiarkan sangat lama, maka dari awal kita sudah bisa memprediksi bahwa sumber kerusakan ada pada keyboard, maka langkah-langkah service berikut dimulai dari keyboard.
1. Matikan netbook dengan menekan tombol power, jika tidak berhasil tekan dan tahan sampai netbook benar-benar mati, lepas charger dan baterai.
2. Test lepas keyboard untuk memastikan kondisi keyboard. Untuk melepas keybaord pada Eee PC Flare ini dimulai dari melepas baut yang ada di bawah baterai dan di bagian tengah dibawah netbook. Setelah semua baut terlepas, maka untuk melepas keybaord karena jadi satu dengan kesing atas harus hati-hati, gunakan kuku atau jongkel yang tidak menyebabkan kesing pecah.
3. Setelah keyboard terlepas, lepas juga kabel fleksibelnya. Kemudian nyalakan netbook tanpa keyboard, maka jika memang penyebab macet keyboard maka netbook akan booting normal, sebagaimana yang terjadi pada netbook yang sedang kita bahas ini, netbook booting normal tanpa keyboard, sehingga kesimpulannya adalah macet karena keyboard trouble, biasanya ada jalur yang terhubung singkat dengan jalur lain yang berseberangan, atau nilai resistansinya terlalu kecil karena lembab.
Memperbaiki Eee PC Tidak Bisa Booting

4. Langkah selanjutnya adalah memperbaiki keyboard. Pada Netbook Eee PC Flare series ini untuk repair keyboard memang rada susah karena kita harus memisahkan terlebih dahulu dari kesingnya, keyboard jadi satu dengan kesing, unutk netbook jenis lain tidak perlu melakukan hal ini.

Memperbaiki Eee PC Tidak Bisa Booting
Setelah keyboard dipisahkan baru kita mulai eksekusi, teknik yang kita lakukan untuk memperbaiki keyboard ini adalah memisahkan 3 lapis mika yang ada di dalam keyboard, pisahkan menjadi 2 lapis saja sudah cukup. Urutannya tentu saja kita harus melepas tombol-tombolnya kemudian dudukan tombol baru kita memisahkan mika secara hati-hati
Memperbaiki Eee PC Tidak Bisa Booting
Jangan lupa untuk memberi bedak bayi menggunakan kuas lembut agar tidak lengket kembali, tujuannya adalah agar jalur-jalur yang berseberangan tidak terlalu rekat satu sama lain, sehingga tidak menyebabkan netbook macet lagi.

1 comments: