Saturday, November 29, 2014

Kapasitor Rusak Diganti Rusak Lagi

Apa yang terjadi jika sumber kerusakan pada laptop mati total telah ditemukan, yaitu kapasitor yang short, rusak dan konslet, namun saat diganti dengan yang lain lagi-lagi rusak, demikian terus menerus, maka laptop-pun tetaplah mati total, silahkan simak bahasan pada posting ini untuk menemukan kemungkinan penyebab terjadinya hal sedemikian.
1. Check tegangan pada titik kapasitor tersebut, apakah sesuai dengan seharusnya, apakah langsung keluar tegangan saat lapto mendapatkan sumber tegangan sebeum dinyalakan, atau titik tersebut baru nyala setelah laptop dinyalakan, sesuaikan dengan keterangan di skema motherboard laptop tersebut.
2. Chek jalur lanjutan pada titik kapasitor. Apakan nilai resistansinya terlalu rendah, seharusnya dicek menggunakan AVOmeter jika dibalik probe-nya menunjukkan nilai yang tidak sama, jika sama perlu dicurigai.
3. Cek mosfet yang ada sebelum titik kapasitor.
4. Pada saat tegangan sumber dimasukkan cek nilai tegangan pada titik tersebut, pastikan tidak terlalu besar
Dengan melakukan langkah-langkah tersebut diatas diharapkan kita bisa menemukan sumber masalah sehingga laptop mati total bisa diselesaikan tanpa harus menambah masalah.

1 comments: