Monday, May 18, 2015

Tegangan Kunci Saat Service Laptop Matot

Ada 2 tegangan kunci yang harus dipastikan ada saat melakukan service atau perbaikan laptop mati total. Tentu saja tegangan Vin atau tegangan utama harus dalam kondisi normal. Ini tidak berlakuk untuk laptop yang mati karena short pada kapasitornya yang umumnya menyebabkan laptop protek dan tidak bisa dinyalakan dan tidak bisa charging juga.
tegangan ini adalah VReg3 dan VReg5. Tegangan ini harus sudah ada saat charger dicolokkan adatu baterai dipasang, walaupun tombol power belum dinyalakan. Pada Aspire One 725 VReg ini ada pada IC PU8 pada kaki 8 dan 17, tentu saja pada laptop lain akan berbeda juga tempatnya sesuai dengan IC yang digunakan. IC ini adalah sebagai kontrol utama daru pengatur tegangan 3V dan 5V.

Tegangan Kunci Saat Service Laptop Matot
 Terdapat titik-titik lain yang harus ada saat charger dicolokkan walaupun tombol power belum dinyalakan, kita akan bahas di lain waktu.
Jika kedua tegangan tersebut tidak ada, padahal Vin telah masuk ke IC maka bisa saja IC tersebut telah rusak, dengna mengganti IC PU8 tersebut biasanya laptop sudah bisa lagi menyala.

0 comments

Post a Comment