Wednesday, August 26, 2015

Laptop tiba-tiba mati

Ada banyak penyebab laptop tiba-tiba mati, salah satunya yang sering terjadi akan kita bahas pada posting ini. Tiba-tiba mati yang kita akan bahas adalah mati pada saat laptop sedang digunakan, jadi laptop sudah bisa dinyalakan dan berhasil masuk windows dan laptoppun bisa digunakan sebagaimana biasa namun tiba-tiba mati padahal baterai masih penuh atau bahkan charger sedang di colokkan.
Jika sebelum mati tampil bluescreen
Jika pada saat digunakan tiba-tiba muncul tampilan warna biru dengan berbagai tulisan warna putih maka kemungkinan terbesar penyebabnya adalah RAM gagal bekerja. Warna biru atau lebih dikenal dengan bluescreen biasanya muncul sebentar kira-kira hanya 1 detik kemudian tiba-tiba laptop mati dan menyala kembali dengan sendirinya ( restart ).
Action yang bisa kita lakukan untuk memperbaikinya adalah dengan membersihkan RAM  pada bagian kaki-kakinya yang berwarna emas mengkilap menggunakan penghapus pensil dan sikat gigi kering sampai kerak-keraknya hilang atau bahkan untuk memastikan kita bisa gunakan RAM lain untuk uji coba.

Jika langsung mati tidak restart
Namun apabila laptop langsung mati kemudian tidak hidup lagi maka kemungkinan terbesar adalah terjadi overheat pada komponen tertentu yang ada di bagian motherboard laptop terutama processor atau chipset VGA. Untuk memperbaikinya kita perlu untuk membongkar kesing laptop agar bisa mengakses motherboard. Penyebab overheat atau suhu yang terlalu panas prosesor secara umum ada dua : pendinginan yang tidak sempurna atau karena memang ada kerusakan pada inside prosesor itu sendiri.
Cek begian heatsink prosesor atau pendingin dan kipas prosesor, pisahkan antara kipas dan pendingin ( lepas bautnya ) dan bersihkan menggunakan kuas agar kotoran yang menyumbat sirip-sirip pendingin bisa bersih
Dua hal tersebut adalah lebih sering terjadi pada laptop tiba-tiba mati can dengan melakukan langkah-langkah yang sudha dijelaskan biasanya akan memperbaiki masalah pada laptop tiba-tiba mati saat digunakan.

1 comments: