Monday, September 14, 2015

Sering di Remehkan Pada Laptop Matot

Ada satu hal yang sering diremehkan teknisi laptop adalah kerusakan pada port charger di motherboard laptop. Pada laptop tertentu sering terjadi kerusakan pada port charger yaitu patah di bagian inner-nya ( + ). Mata kita mungkin tidak bisa melihatnya namun multitester akan sangat membantu dalam hal ini.
Untuk melakukan test bisa dilakukan dengan step sebagai berikut :
1. Keluarkan motherboard laptop dari kesingnya
2. Colokkan charger pada motherboard
3. Check tegangan di bagian yang paling dekat dengna port charger pada motherboard laptop.
4. Jika tegangan tidak keluar, maka lepas deoda atau mosfet atau Fuse yang berada paling dekat dengna port tersebut untuk memisahkan port charger dengan jalur +
5. Kemudian cek lagi tegangan di bagian seperti langkah 3, jika tegangan tetap tidak keluar maka salah satu hal yang perlu kita curigai adalah port charger rusak.
6. Lepas Charger
7. Check apakah ada short circuit pada port
8. Jika tidak ada short circuit maka dengan menggunakan multi tester check tegangan pada charger, jika normal lanjutkan ke step berikut.
9. Check port charger sedemikian rupa sehingga kita yakin tidak ada bagian yang rusak pada port tersebut, jika patah solder dengan baik.
Penyebab sebuah laptop mati total memang sangat beragam, namun inilah salah satu penyebabnya yang kadang-kadang para teknisi malah kurang peduli sehingga muncul masalah baru yang tidak diinginkan karena salah analisa, semoga bermanfaat.

1 comments: