Tuesday, October 13, 2015

Asus P450L Laptop Tidak Nyala

Ini adalah pengalaman tentang service laptop Asus P450L yang black screen atau tidak nyala layarnya atau blank atau tampilan gelap atau ada yang menyebutnya no display. Laptop asus jenis ini adalah yang menggunakan RAM onboard, sehingga jika ada masalah pada RAM kita agak kesulitan untuk melepasnya, namun pada posting ini kita tidak membahas RAM karena penyebab laptop ini black screen bukanlah masalah pada RAM, kami biasa menyebutnya chipset nge-lock, tentu saja hanya untuk mempermudah menama-an saja.
Pastikan melepas charger dan baterai sebelum memuli langkah service dibawah. Untuk melepas baterai geser pengunci baterai yang ada dibagian bawah sehingga posisinya seperti gambar dibawah.

laptop asus black screen
Kemudian pada pengunci sebelah kanan tarik ke luar sehingga baterai bisa ditarik untuk dilepas.
laptop asus black screen

Untuk memulai service laptop asus dengan masalah seperti diatas ikuti langkah-langkah berikut :
1. Buka kesing bagian belakang.
laptop asus black screen
Maka akan terlihat baterai CMOS, kita harus bisa mengakses baterai ini, lanjutkan ke step berikut.
2. Buka kesing belakang dengan melepas semua baut. Perlu diketahui bahwa yang diangkat adalah kesing bagian belakang atau bawah.
3. Setelah keisng terbuka lepas baterai CMOS dan diamkan laptop beberapa saat, kemudian nyalakan laptop menggunakan charger saja. Sampai disini jika berhasil lanjutkan ke perakitan kembali, jika belum berhasil, lanjutkan ke step berikut.
4. Lepas lagi CMOS, dan pasangkan RAM yang normal pada slot RAM untuk pancingan, untuk Laptop Asus P450L menggunakan DDR3.
5. Nyalakan laptop menggunakan charger saja.
6. Biasanya langkah-langkah diatas sudah bisa mengatasi kerusakan.

Jika langkah-langkah tersebut sudah dilakukan semuanya namun laptop asus kamu belum berhasil di perbaiki maka kemungkinan penyebab kerusakan yang lain adalah chipset VGA.
Demikian pengalaman real service laptop asus P450L yang tidak nyala layarnya langkah ini juga bisa di coba untuk laptop jenis lain dengan kerusakan yang sama.

1 comments: