Friday, August 12, 2016

Acer 4741 Mati Total Mosfet Short

Ini adalah tentang sebuah laptop Acer Aspire 4741 mati total yang disebabkan oleh adanya mosfet yang short sehingga menyebabkan supply arus terputus oleh system proteksi sehingga menyebabkan laptop tersebut tidak bisa dinyalakan bahkan proses chargingpun tidak bisa berjalan.

Acer 4741 Mati Total Mosfet Short
Detail indikasi daripada laptop ini adalah ketika charger dimasukkan maka lampu indikator pada charger langsung mati, dari ini saja kita sudah bisa memprediksi akan adanya jalur yang short pada bagian rel power utama.
Kemudain setelah kita bongkar dan setelah motherboard bisa diakses maka tentu saja tegangan pada jalur rel power utama sama sekali tidak ada karena sumber tegangan dari charger memang telah terputus oleh automatic system protection.
Langkah selanjutnya yang kita lakukan adalah pengecekan nilai resistansi pada jalur utama yang menunjukkan nilai normal ( tidak short ). Kemudian pengecekan berlanjut ke bagian Vin, yakni pada titik kaki out Mosfet utama dan disinilah mulai muncul nilai resistansi yang terlalu kecil yang mendindikasikan adanya short circuit.
Untuk memetakkan jalur yang seperti short ini kita kecilkan pemetaan dengan melepas mosfet charger, yaitu mosfet yang menjembatani antara jalur Vin dan port + baterai, dan ternyata resistansi pada kedua bagian, setelah mosfet kita lepas, tetap saja terlalu kecil dan memang bisa kita anggap short bahkan short ke ground.
Sebagaimana kita tahu bahwa setelah mosfet charger tersbeut kita lepas maka pada kedua bekas kaki mosfet masih terdapat banyak sekali komponen termasuk mosfet dan tantalum capacitor. Demikian juga pada bagian port + baterai juga terdapat setidaknya 2 mosfet dan beberapa tantalum capacitor. Maka semua komponen-komponen tersebut ada kemungkinan yang rusak, salah satunya atau bahkan bisa lebih dari satu.
Langkah selanjutnya adalah melepas mosfet pada bagian port + baterai yang terhubung ke ground, kita mulai dari mosfet karena mosfetnya cuma satu dan kapasitornya banya sekali, maka jika kita memulai dengna melepas kapasitor tentu saja akan banyak sekali kapasitor yang harus kita lepas sampai kita menemukannya. Dan ternyata memang moasfet yang kita lepas tersebut kondisinya rusak, short atau konslet. Sekarang 1 langkah sudah kita lalui dengan solusi kita harus mengganti mosfet tersebut.
Kita lanjutkan dengan melakukan cek terhadap mosfet yang ada dibagian port + baterai yang terhubung dengan Vin. Pengecekan sederhana bisa kita lakukan dengan langsung menghubungkan probe multitester ke kaki bagian kiri mosfet dan bagian kanan dan di bolak-balik, alhasil mosfet juga short, dan untuk lebih meyakinkan kita lepas mosfet dan kita lakukan cek ulang setelah mosfet agak dingin. Dan pada kondisi ini mosfet ternyata memang benar-benar rusak, short atau konslet. 2 langkah sudah kita lalui dengan solusi mengganti mosfet dengan yang normal, dan perlu diketahui ini adalah mosfet jenis N-Channel untuk menggantinya kita hanya perlu mosfet jenis N-Channel dan tidak perlu sama kodenya, yang penting nilai rating arusnya juga tidak boleh jauh berbeda.
Acer 4741 Mati Total Mosfet Short

Setelah kedua mosfet kita ganti dengan yang normal maka langkah selanjutnya adalah melakukan cek ulang terhadap jalur Vin dan port + baterai, hasilnya semua normal, maka mosfet charger kita pasang kembali dan kita lakukan cek ulang sekali lagi untuk memastikan bahwa semuanya menunjukkan kondisi normal.
Finally, kita lakukan running test menggunakan charger saja tanpa baterai untuk keperluan keamanan jika terjadi sesuatu yang tidak kita inginkan.
Sekarang laptop acer 4741 mati total kembali bisa menyala dengan normal. Ini adalah salah satu kondisi laptop acer mati total yang disebabkan karena adanya kedua mosfet yang sudah kita jelaskan diatas yang rusak atau konslet sehingga memutus arus dari sumbernya. Penyebab laptop acer 4741 mati total tentu saja tidak selalu sama dengan kondisi diatas misalnya karena adanya tantalum capacitor yang short di jalur Vin, atau mosfet utama yang short atau mosfet charger atau komponen lain di bagian mosfet di jalur Vin dan seterusnya, setidaknya kita berharap pengalaman ini bisa menjadi salah satu referensi temen-temen untuk melakukan analisa terhadap laptop acer 4741 mati total siapa tahu kondisinya sama dengan kondisi ini.

1 comments: