Tuesday, October 20, 2015

Service Laptop Aspire 4736 Mati Tiba-tiba

Ini adalah tentang langkah-langkah service laptop Aspire 4736 mati tiba-tiba saat sedang digunakan, seperti setelah panas mati sendiri. Kadang saat muter film tiba-tiba laptop mati padahal baterai masih banyak atau bahkan sedang di colokin charger.

Service Laptop Aspire 4736 Mati Tiba-tiba
Berdasarkan pengalaman, ada dua buah komponen yang perlu dicurigai saat service laptop dengan kondisi seperti diatas pada acer aspire 4736 yaitu sebuah kapasitor kotak yang ada dibawah processor dan kapasitor tantalum 330 yang ada didekatnya.
Service Laptop Aspire 4736 Mati Tiba-tiba
Lihat gambar diatas, itu adalah dua komponen yang kita jelaskan diatas, langkah-langkah service adalah sebagai berikut :
1. Tentu saja kita harus membuka kesing laptop terlebih dahulu agar bisa mengakses seluruh komponen yang ada di motherboard
2. Lepas baterai CMOS, untuk alasan keamanan
3. Lepas kapasitor 330 dengan kode komponen C1478, seperti ditunjukkan pada gambar diatas. Ganti dengan kapasitor dengan ukuran 470.
4. Lakukan running test untuk melihat hasilnya. Jika laptop sudha bisa bekerja dengna normal maka pekerjaan selesia, jika belum lanjutkan ke langkah berikutnya.
5. Tambahkan sebuah kapasitor dengan ukuran 330 pada kapasitor kotak yang ada dibawah processor sedemikian rupa sehingga tersusun paralel terhadap kapasitor kotak tersebut.
Dengan mengikuti langkah-langkah diatas biasanya laptop aspire 4736 yang tiba-tiba saja mati saat digunakan bisa kembali normal

1 comments: