Wednesday, November 18, 2015

Service Laptop Aspire 4720Z Mati Total

Service laptop acer aspire 4720Z mati total dengan indikasi saat charger di colokkan lampu indikator led yang ada di charger langsung mati dan tentu saja laptop tidak bisa nyala sama sekali walaupun hanya menggunakan baterai. Penyebab masalah ini adalah adanya komponen yang hubung singkat ke jalur ground atau short circuit, biasanya adalah sebuah kapasitor tantalum kecil yang ada di jalur utama ( Vin ). Langkah-langkah yang bisa kita lakukan untuk service laptop seperti ini untuk menemukan komponen yang short adalah sebagai berikut :
1. Lepas charger dan baterai. Perlu diingat bahwa lampu indikator pada charger akan menyala kembali setelah kabel listrik dilepaskan dan di diamkan beberapa saat.
2. Bungkar kesing sedemikian rupa sehingga kita bisa bebas mengakses motherboard
3. Lepas baterai CMOS untuk keamanan
4. Siapkan AVO meter, pilih selektor ke OHM
5. Ukur resistansi pada jalur Vin. Lihat komponen PQ9, salah satu kakinya yang terhubung ke kaki port modul power adalah terhubung langsung ke jalur Vin, jika resistansinya sangat kecil ( hampir mentok ) walaupun probe AVO di bolak balik maka kita harus telusuri jalur Vin ini sampai menemukan kapasitor yang short circuit.
6. Langsung menuju kapasitor dengan kode di motherboard PC34 dan PC35. Check kapasitor ini ( lepaskan dari motherboard terlebih dahulu ) karena berdasarkan pengalaman kita kapasitor inilah yang menjadi sumber masalah, ganti kapasitor dengan yang normal.

Dengan mengganti kapasitor PC34 tersebut biasanya kita telah berhasil service laptop aspire 4720Z yang mati total.

1 comments: